Perfil

Data de entrada: 14 de out. de 2022

Sobre

10 Faedah Tomat untuk Muka dan Dampak Sebelahnya


Tomat ialah buah yang tawarkan banyak faedah untuk kesehatan badan, misalkan sehatkan jantung sampai menahan kanker. Namun, tahukah Anda jika ada banyak faedah tomat untuk muka?Mayoritas faedah tomat untuk muka datang dari kandungan vitamin C dan anti-oksidan yang lain.


Bermacam gizi ini disebutkan dapat menggairahkan produksi collagen, kurangi garis lembut, sampai jaga kerusakan kulit karena pancaran cahaya ultraviolet (UV).Untuk pahami Beauty apa faedah tomat untuk muka, baca keterangan di bawah ini.


1. Melembapkan kulit

Melakukan aktivitas sepanjang hari di luar rumah dapat membuat kulit muka kering. Oleh karena itu, coba pakai masker tomat untuk melembapkan kulit.Peranan tomat untuk muka lebih lembap datang dari kandungan kaliumnya.Berdasar sebuah study yang di-launching dalam Journal of Dermatological Science, rendahnya kandungan kalium berperan pada keadaan kulit kering pada pasien dermatitis atopik. Walau begitu, masih diperlukan semakin banyak study ilmiah berkaitan faedah masker tomat untuk muka.


2. Menurunkan infeksi kulit

Salah satunya faedah makan tomat mentah untuk muka ialah memudahkan infeksi di kulit.Argumennya, tomat diperlengkapi yang mengandung yang karakternya antiradang, misalnya likopen, beta-karoten, lutein, vitamin E, dan tidak lupa vitamin C.Karena kandungan itu, tomat berpotensi untuk menurunkan infeksi dan iritasi kulit.Walau janjikan, kekuatan manfaat tomat ini perlu ditelaah selanjutnya jika dipakai dengan memoleskannya ke kulit.


3. Kurangi produksi minyak berlebihan

Ada minyak berlebihan di muka bukan hanya turunkan rasa optimis, tetapi juga mempunyai potensi mengusik kegiatan setiap hari.Tetapi, Anda tak perlu cemas karena tomat bisa saja jalan keluar yang bagus.


Faedah tomat untuk muka ini dijumpai dapat turunkan produksi minyak berlebihan dan beri kesegaran kulit muka semakin lama.Untuk rasakan manfaatnya, kamu dapat membuat toner muka di dalam rumah dengan tomat. Triknya gampang. Campur juice tomat dan ketimun fresh. selanjutnya berikan toner alami ini ke muka memakai kapas.


4. Mempunyai karakter antipenuaan

Selainnya dibalurkan, faedah tomat untuk kulit muka bisa juga dirasa dengan mengkonsumsinya langsung.Salah satunya manfaat yang dapat dirasa dari konsumsi tomat ialah perlambat penuaan kulit.Argumennya, tomat dipenuhi oleh beragam tipe vitamin B, seperti B1, B3, B5, B6, sampai B9.


5. Menggairahkan produksi collagen

Menggairahkan produksi collagen adalah faedah masker tomat untuk kulit muka yang menarik.Collagen ialah protein yang membuat beragam anggota badan manusia, temasuk kulit.Kekuatan faedah ini datang dari kandungan vitamin C, yaitu zat yang sanggup menggairahkan produksi collagen pada tubuh.Dengan tercukupinya kandungan collagen pada tubuh, fleksibilitas kulit diharap dapat terbangun. Walau bagaimanapun, masih diperlukan penelitian kelanjutan untuk perkuat claim di atas.


6. Membuat perlindungan kulit dari pancaran cahaya matahari

Ingin membuat perlindungan kulit dari pancaran cahaya UV? Coba konsumsi tomat dengan teratur.Faedah tomat untuk kulit muka ini ditunjukkan melalui sebuah study dalam jurnal Photochemical and Photobiological Sciences.Study itu mendapati jika konsumsi makanan tinggi likopen, seperti Bisnis tomat, bisa membuat perlindungan kulit dari pancaran cahaya UV dari matahari. Itu maknanya, tomat mempunyai potensi jaga kulit dari dampak terbakar cahaya matahari (sunburn).


Pada study yang sudah dilakukan sepanjang 10-12 minggu beruntun, beberapa periset memperhatikan pengurangan sensitivitas pada radiasi UV pada simpatisan yang konsumsi tomat dan makanan tinggi likopen yang lain. Sayang, belum juga tahu apa manfaat ini bisa juga dirasa dengan memoleskannya langsung ke kulit.


7. Mengusung sel-sel kulit mati

Manfaat tomat untuk muka disebut bisa mengusung sel-sel kulit mati. Argumennya, tomat dipandang memiliki kandungan enzim yang sanggup mengusung sel-sel kulit mati dan membuat kulit muka terlihat lebih sehat sekalian ceria.Bila Anda tertarik sama faedah tomat untuk kecantikan ini, coba membuat scrub dari kombinasi halusan tomat dan gula pasir di dalam rumah. Kemudian, berikan scrub ke kulit.Meski begitu, sebaiknya Anda menghindar pemakaian scrub alami ini di kulit muka. Karena, kulit muka condong lebih tipis dibanding kulit badan yang lain. Dalam pada itu, gula pasir memiliki tekstur kasar dan ditakuti dapat memunculkan cidera di kulit muka.


8. Percepat pengobatan cedera

Secangkir tomat memiliki kandungan sekitaran 30 gr vitamin C. Vitamin ini adalah zat yang sering diketemukan dalam produk kecantikan kulit.Vitamin C dipandang sanggup menggairahkan perkembangan jaringan ikat baru, yang berperan pada proses pembaruan cedera dan percepat proses pengobatan.Namun, apa memoleskan tomat langsung bisa hasilkan dampak sama? Belum pasti.Masih diperlukan riset lebih jauh untuk perkuat claim faedah tomat untuk kesehatan dan kecantikan ini.


9. Mencegah radikal bebas

Likopen dan vitamin C yang dipunyai tomat bisa bertindak selaku molekul anti-oksidan.Molekul ini bekerja untuk mencegah radikal bebas berlebihan yang sering mengakibatkan penyakit.Tetapi, manfaat tomat untuk muka dalam mencegah radikal bebas tidak dapat ditunjukkan dengan cara tepat.


10. Menolong kurangi resiko kanker kulit

Lewat sebuah study yang termuat dalam International Journal of Nutrition, Pharmacology, Neurological Diseases, beberapa pakar yakini jika likopen pada tomat mempunyai dampak antikanker yang kuat.Sayang, dibutuhkan semakin banyak riset untuk pahami apa dampak antikanker itu masih tetap ada bila likopen langsung dibalurkan ke kulit.


Langkah memakai tomat untuk muka

Sama seperti yang telah disentil awalnya, claim berkenaan beragam faedah tomat untuk muka tidak dapat ditunjukkan secara ilmiah bila dipakai dengan dibalurkan.Langkah terbaik untuk memperoleh faedah tomat keseluruhannya ialah mengkonsumsinya langsung.Tetapi, jika Anda masih tetap ingin coba memoleskan tomat ke kulit muka, berikut beberapa sistem yang dapat diterapkan.


1. Memoleskannya langsung di kulit

Berikan kapas dengan juice tomat yang 100 % murni, lalu gosok ke kulit Anda. Apabila sudah, basuh tempat kulit yang diluluri tomat sama air hangat sampai bersih.Anda bisa juga jadikan Fitnes sebagai olahraga diet, selanjutnya berikan ke kulit. Sesudah 20 menit, membersihkan sama air.


2. Memoleskannya pada bintik jerawat

Anda pun bias coba memoleskan juice atau masker tomat cuma pada tempat tertentu di wajah.Pakai kapas yang sudah dibasahi juice tomat, masker tomat, atau tomat yang telah dipotongi.Selanjutnya, taruh pada beberapa titik tertentu tempat kulit muka Anda, misalnya bintik jerawat.


3. Membuat masker tomat

Tomat sering dipakai untuk muka berbentuk masker. Hal ini bukanlah tanpa argumen karena faedah tomat untuk muka berjerawat memang betul ada.Berikut langkah membuat masker tomat untuk jerawat.


• Dalam sebuah mangkok kecil, lumatkan 1 biji tomat memakai sendok.

• Tambahkan 1 sdt gula ke tomat yang telah dilumatkan.

• Oleskan kombinasi itu ke atas muka dengan pergerakan melingkar. Tetapi, jauhi tempat mata dan bibir.

• Diamkan masker tomat sepanjang lebih kurang 5 menit.

• Selanjutnya, basuh muka sama air bersih.

• Keringkan muka Anda dengan handuk atau kain bersih halus.


Masker tomat ini dapat digabungkan berbahan alami lain, seperti yogurt atau minyak zaitun, untuk memperoleh faedah masker muka alami dengan optimal.


4. Mengkonsumsinya langsung

Langkah terbaik untuk memperoleh faedah tomat untuk muka ialah mengkonsumsinya langsung. Anda dapat konsumsi tomat mentah yang dibersihkan sampai bersih atau memprosesnya lebih dulu. Jauhi pemakaian gula pasir karena rasa tomat condong manis. Tetapi, Anda bias menaburkan sedikit stevia untuk menambahkan cita-rasa.


Efek tomat untuk kulit

Tomat dan juice tomat tawarkan banyak faedah untuk kesehatan, terhitung untuk kulit muka Anda.Namun, harus diingat jika tomat memiliki kandungan asam. Bila Anda peka pada kandungan asam alami ini atau alergi pada tomat, jauhi memoleskannya langsung ke kulit sebab bisa memunculkan reaksi alergi.Berikut efek tomat untuk kulit yang seharusnya dicurigai.


• Ruam

• Gatal

• Kemerahan

• Iritasi yang lain.

Oleh karenanya, Anda dianjurkan untuk memoleskan sedikit tomat ke sisi kecil di kulit lebih dulu.Coba lihat reaksinya. Bila memang beberapa gejala di atas ada, itu dapat mengisyaratkan jika kulit Anda tidak dapat mentoleransi karakter asam tomat.Bila Anda merasakannya, seharusnya Anda makan tomat atau minum juice tomat saja.Meskipun beragam faedah tomat untuk muka di atas kedengar janjikan, Sebaiknya anda konsultasi dahulu pada dokter saat sebelum mencoba. Ini dilaksanakan untuk menahan efek yang tidak diharapkan.

EE29

Mais ações